Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mudah mengetahui apakah PC kamu sudah terlindungi dari Spectre dan Meltdown


Spectre dan Meltdown merupakan celah keamanan yang ditemukan pada semua prosesor baik prosesor x86, x64, maupun ARM. Celah keamanan ini bisa dimanfaatkan oleh hacker untuk membaca semua proses yang dijalankan oleh prosesor. Itu artinya data - data sensitif kamu berpotensi di ambil oleh hacker.

Kabar baiknya, berbagai macam system operasi sudah merilis update untuk menambal celah keamanan ini. Tidak terkecuali Windows yang beberapa hari yang lalu sudah merilis patch melalui windows update untuk menambal celah keamanan ini. Untuk itu pastikan kamu memasang update tersebut melalui windows update.

Namun perlu diketahui bahwa pada beberapa kasus, menginstall patch yang dirilis windows tidak sepenuhnya melindungi komputer kamu dari serangan Spectre dan Meltdown. Berikut ini adalah cara mudah melakukan pengecekan untuk mengetahui apakah komputer kamu sudah terlindungi dari serangan Spectre dan Meltdown atau belum.

Catatan: Cara ini hanya untuk pengguna OS Windows (Windows 7, 8, 10)

Untuk melakukan pengecekan kamu membutuhkan software inSpectre Tools yang bisa kamu unduh melalui link berikut ini (Download inSpectre Tools). Software ini akan mempermudah kamu karena tidak perlu menggunakan powershell untuk memasukkan baris perintah yang panjang.

Setelah teunduh, kamu tinggal membuka inSpectre Tools tanpa perlu di install. Software tersebut akan melakukan pengecekan pada komputer kamu dan selanjutnya akan menampilkan tiga informasi yang penjelasannya bisa kamu lihat dibawah ini.

  • Vulnerable to Meltdown: Jika tertulis "YES", maka kamu perlu menginstall pembaruan dari Windows update karena komputer kamu belum terlindungi.
  • Vulnerable to Spectre: Jika tertulis "YES", maka kamu perlu memasang pembaruan untuk firmware UEFI atau BIOS dari parbikan PC kamu. Kecuali untuk produk Surface bisa kamu unduh melalui Windows update.
  • Performance: Jika muncul tulisan selain "GOOD" setelah kamu install patch keamanan, Itu artinya kamu menggunakan komputer lawas yang tidak memiliki hardware yang cukup untuk membuat  pacth tersebut bekerja dengan baik.

Kamu juga bisa membaca penjelasan yang mudah dipahami dengan melakukan scroll ke bawah pada software inSpectre Tools. Sebagai contoh, berikut ini adalah gambar dari komputer yang belum memasang patch ke amanan maupun update BIOS.


Setelah membaca penjelasan diatas, apakah kamu mengalami masalah atau ada yang kurang dipahami? Silahkan bagikan pengalaman kamu di kolom komentar.

Posting Komentar untuk "Cara mudah mengetahui apakah PC kamu sudah terlindungi dari Spectre dan Meltdown"