Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Microsoft Store Tidak Bisa Download Aplikasi (Pending, Error, dll)


Microsoft Store (sebelumnya bernama Windows Store) merupakan bursa aplikasi pada sistem operasi Windows 10, Windows 8, dan Windows Phone. Menggunakan Microsoft Store merupakan cara termudah dan teraman dalam mencari aplikasi, permainan, maupun film layar lebar. Selain kemudahan yang ditawarkan, semua aplikasi maupun permainan yang tersedia terjamin keamannanya karena bebas dari virus maupun malware.

Tapi, banyak pengguna yang sering mendapatkan masalah ketika ingin mencari aplikasi melalui Microsoft Store (Windows Store). Untuk itu TeknoWin10 kali ini akan merangkum beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi Microsoft store yang bermasalah. Langsung simak dibawah ini ya!

Baca Juga:
1. Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Download Aplikasi (Pending, Error, dll) 
2. Inilah fitur baru Windows 10 Redstone 4, Tersedia Maret 2018

Pastikan Internet Stabil

Untuk menggunakan microsfot store koneksi internet sangatlah penting. Koneksi internet yang cepat belum tentu stabil. Untuk mengetahui apakah internet kamu stabil, bisa dilihat melalui lamanya waktu ping. Makin sedikit waktu ping maka makin cepat respon internet yang kamu gunakan.

Bersihkan Cache Microsoft Store

Jika kamu yakin internet yang kamu gunakan stabil, cobalah untuk membersihkan cache Microsoft Store. Cara ini bisa menyelesaikan masalah download pending atau proses install aplikasi yang lama. Untuk cara menghapus cache windows store bisa kamu baca disini (Cara menghapus cache windows store di windows 10 dan windows 8/8.1)

Gunakan Windows Store TroubleShooter

Windows Store troubleshooter merupakan tools yang dirancang untuk memperbaiki berbagai macam masalah pada Windows Store (Microsoft Store). Tools ini dirancang langsung oleh Microsoft sehingga kamu tidak perlu takut menggunakannya. Cara penggunanya pun sangat mudah, karena tampilannya yang simpel. Saya yakin kamu pasti mengerti jika mencobanya. Silahkan unduh Windows Store TroubleShooter melalui link official ini.

Pastikan waktu dan tanggal sudah tepat

Waktu dan tanggal yang tidak tepat akan mencegah Microsoft Store untuk mengunduh aplikasi. Untuk itu silahkan atur waktu dan tanggal dengan benar. Pastikan juga kamu menggunakan zona waktu sesuai lokasi kamu tinggal. Untuk waktu Indonesia barat kamu bisa gunakan UTC+7 sebagai zona waktu.

Gunakan Control Panel Windows Update

Banyak pengguna yang berhasil menyelesaikan masalah Windows Store dengan cara ini. Untuk penjelesan lengkapnya bisa kamu lihat di postingan sebelumnya melalui link berikut (Cara memperbaiki windows store)

Reset Windows Store 


Dengan mereset windows store maka semua pengaturan dan akun pada windows store akan kembali seperti keadaan semula. Cara ini hanya bisa digunakan pada Windows 10 Creators Update atau yang lebih baru. Caranya buka Settings > Apps > Cari Microsoft Store (Windows Store) > Klik Advance Option > Terakhir klik Reset. Tunggu sampai proses selesai.

Cari kode error yang muncul

 

Sebagian besar masalah yang muncul pada windows menyertakan kode error. Kode tersebut bisa kamu gunakan untuk mencari tahu apa permasalahan yang menyebabkan windows store kamu bermasalah. Salin kode error yang muncul lalu paste pada kolom pencarian Bing atau Google. Maka akan muncul artikel berbahasa inggris yang menjelaskan arti kode error tersebut.  Jika kamu masih bingung dengan kode error yang kamu dapatkan, silahkan tuliskan kode error kamu pada kolom komentar dibawah supaya admin atau pembaca yang lain bisa membantu.

Buat Akun Windows Baru

Cara ini terbukti ampuh menyelesaikan berbagai masalah pada aplikasi UWP termasuk Windows Store. Tapi data akun sebelumnya (aplikasi terinstall, settings, dll) tidak ikut pindah namun file nya tetap ada dan bisa kamu akses melalui akun yang bersangkutan. Sedangkan data - data lainnya (Data C, D, E, dst) tetap aman. Untuk cara membuat akun windows baru bisa kamu lihat melalui link berikut (Cara membuat akun baru Windows 10)

System Restore


Cara ini hanya bisa dilakukan jika sebelumnya kamu pernah membuat system restore. Dengan cara ini maka komputer kamu akan kembali seperti keadaan ketika membuat system restore yang kamu gunakan.

lakukan system restore dengan cara berikut:
  • Tekan tombol Windows + S lalu ketikkan "System Restore"
  • Pilih Create a Restore Point
  • Klik System Restore kemudian klik Next
  • Pilih restore point yang kamu inginkan lalu klik next
  • Tunggu prosesnya sampai selesai

Reset Windows

Jika cara-cara diatas masih belum berhasil, kamu bisa mencoba opsi refresh windows. Dengan refresh windows maka komputer kamu akan kembali seperti baru selesai di install ulang dan menghilangkan data data kamu yang ada di local disk C. Opsi refresh windows bisa kamu temukan di Settings > Update & Security > Recovery

Install Ulang Windows


Ini merupakan cara yang paling ekstreme dan menakutkan bagi sebagian orang karena prosesnya yang sangat lama. Belum lagi harus ulang install aplikasi aplikasi yang dibutuhkan. Sebenarnya hasil install ulang windows tidak jauh berbeda dengan reset windows. Cara ini sebaiknya kamu lakukan jika masalah yang kamu alami sudah benar benar parah.

Itulah beberapa cara menyelesaikan masalah pada Windows Store (Microsoft Store) yang bisa kamu coba. Jika masih ada masalah jangan sungkan untuk bertanya melalui kolom komentar yaa! :)

    15 komentar untuk "Cara Mengatasi Microsoft Store Tidak Bisa Download Aplikasi (Pending, Error, dll)"

    1. 0x800704c6

      itu errornya knpa ya gan?

      BalasHapus
      Balasan
      1. coba pakai tool ini gan https://drive.google.com/uc?export=download&id=13h7LBJRweIe26IGlbbGbB9_nwRD5WpW3
        caranya cukup download, install, scan, lalu fix.

        Hapus
    2. Semua data di local fisk C hilang gan. Kembali seperti baru selesai install windows

      BalasHapus
    3. Hanya data lokal disk C aja gan. Yang di lokal disk D, E dan lainnya tetap aman

      BalasHapus
    4. Balasan
      1. itu karena service windows update gak berjalan otomatis.

        Ini penjelasan dan cara mengatasinya dari Microsoft
        "Open Administrative Tools by clicking the Start button Picture of the Start button, and then clicking Control Panel. In the search box, type administrative tools, and then click Administrative Tools.

        Double-click Services. Administrator permission required If you're prompted for an administrator password or confirmation, type the password or provide confirmation.

        Click the Name column heading to sort the names in reverse order. Find the Windows Update service, right-click it, and then click Properties.

        On the General tab, next to Startup type, make sure that Automatic is selected."

        Hapus
      2. kok pas pencet enter error katanya,mohon pencerahannya

        Hapus
    5. gue udah coba reset store nya tetep nggak bisa download, lebih tepatnya nggak ada tombol downloadnya untuk aplikasi store nya works, mohon pencerahannya gan

      BalasHapus
      Balasan
      1. coba cara ini gan
        buka Windows Power Shell sebagai Administrator
        Copy paste semua perintah berikut ini

        Get-AppXPackage -AllUsers | Foreach {Add-AppxPackage -DisableDevelopmentMode -Register "$($_.InstallLocation)\AppXManifest.xml"}

        Tekan Enter
        Restart komputer lalu coba lagi buka WIndows Store

        Hapus
    6. kalau di app-nya gak ada tulisan 'unduh' yang buat di klik kenapa ya? Dan harus di bagaimanakan?

      BalasHapus
      Balasan
      1. coba cara ini gan
        buka Windows Power Shell sebagai Administrator
        Copy paste semua perintah berikut ini

        Get-AppXPackage -AllUsers | Foreach {Add-AppxPackage -DisableDevelopmentMode -Register "$($_.InstallLocation)\AppXManifest.xml"}

        Tekan Enter
        Restart komputer lalu coba lagi buka WIndows Store

        Hapus
    7. Gan, pas saya masuk ms gak bisa pencet apa" ?
      Itu kenapa ya ?

      BalasHapus
    8. 0x803fb005
      itu kenapa gan?

      BalasHapus
    9. minta tolong dong gan. kalau buka store langsung blank dan cuma ada tulisan
      Something bad happened
      unknown layout specified in manifest.

      BalasHapus
    10. min kalo yang ini kenapa min 0x80240013

      BalasHapus