Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mengetahui password kamu pernah dicuri hacker atau tidak


Banyak sekali website atau layanan yang pernah dibobol oleh hacker. Tidak tanggung tanggung jutaan email dan password penggunanya jadi milik hacker tersebut. Jika kamu memiliki akun pada website atau layanan tersebut maka dapat dipastikan bahwa data akun kamu juga ikut menjadi milik hacker.

Cara mengetahui password kamu pernah dicuri hacker


TeknoWin10 menemukan sebuah website yang bisa membantu kamu mengetahui apakah password kamu pernah dicuri hacker ataau belum. Situs milik Troy Hunt's "Have I Been Pwned" menyimpan database kombinasi username dan password dari kebocoran publik. Data pada situs tersebut diambil dari database pelanggaran yang tersedia untuk umum yang dapat ditemukan melalui berbagai situs web, atau dark web. Situs web ini berfungsi untuk memudahkan kamu mengetahui apakah akun kamu ada didalam dartabase atau tidak dan juga pada situs apa password kamu dicuri.

Cara penggunaannya sangat mudah, buka halaman Have I Been Pwnd? lalu ketik username atau alamat email kemudian tekan Enter atau klik pwned?. Hasilnya akan memberi tahu kamu apakah nama pengguna atau alamat email kamu pernah muncul dalam database yang bocor. Ulangi proses ini untuk memeriksa beberapa alamat email atau nama pengguna. Dibagian hasil, kamu bisa melihat pada situs apa akun kamu dicuri.

Jika kamu ingin mendapatkan notifikasi email ketika alamat email atau nama pengguna kamu suatu saat muncul di dalam database yang bocor, klik link "Notify me when I get pwned".


Kamu juga dapat mencari kata sandi untuk melihat apakah pernah muncul dalam database. Masuklah ke halaman Pwned Passwords di situs "Have I Been Pwned?", ketik kata sandi di dalam kotak, lalu klik tombol "pwned?" atau tekan Enter. Kamu akan melihat apakah kata sandi kamu ada di salah satu database dan berapa kali sudah terlihat.



Peringatan: Kami sangat menganjurkan untuk tidak mengetikkan kata sandi kamu di situs web pihak ketiga yang meminta password. Karena bisa saja situs tersebut ingin mencuri password kamu. Kami sarankan kamu hanya menggunakan situs Have I Been Pwned? yang dipercaya secara luas dan menjelaskan bagaimana password kamu terlindungi. Sebenarnya, password manager populer "1Password" sekarang memiliki tombol yang menggunakan API yang sama dengan situs web tersebut, jadi mereka juga akan mengirimkan salinan kata sandi kamu ke layanan ini untuk memeriksa apakah password kamu pernah dicuri atau tidak.

Posting Komentar untuk "Cara mengetahui password kamu pernah dicuri hacker atau tidak"