Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Perbedaan Android One dan Android Go?

Pada tahun 2014 Google mengumumkan serangkaian ponsel harga murah dengan spesifikasi rendah. Kemudian pada tahun 2017 Google kembali mengumumkan Android Go untuk ponsel dengan harga murah dan memiliki spesifikasi rendah. Lalu apa perbedaan Android One dengan Android Go?

Apa itu Android One?

Sederhananya, Android One merupakan spesifikasi perangkat keras yang dirancang oleh Google untuk pasar negara berkembang. Tapi bukan hanya perangkat keras yang sederhana, Google juga membuat beberapa aturan yang wajib dipenuhi sebagai ide kunci Android One. Berikut tiga syarat yang Google inginkan untuk Android One.
  • Tanpa modifikasi (Stock Android), Setiap produsen yang ingin merilis handset sebagai bagian dari program Android One tidak dapat memodifikasi sistem operasi sesuai keinginan mereka termasuk tampilan antar muka (User Interface)
  • Pembaruan keamanan reguler, Produsen yang ingin merilis ponsel sebagai bagian Android One harus siap merilis pembaruan keamanan secara reguler.
  • Persyaratan perangkat keras yang ketat: Google pada dasarnya menentukan spesifikasi maksimum dari perangkat keras untuk handset Android One, dan produsen harus siap melakukannya.

Pada dasarnya, Google menginginkan kontrol untuk Android One. Mulai dari perangkat keras sampai pembaruan perangkat lunak dikendalikan oleh perusahaan. Manufaktur hanya perlu menyetujuinya. Bisa dibilang mirip dengan ponsel Nexus atau Google Pixel dengan harga murah.

Selanjutnya, Apa itu Android Go?


Berbeda dengan Android One yang lebih mengarah ke perangkat keras, Android Go murni merupakan pengalaman perangkat lunak. Pada dasarnya Android Go merupakan Android Oreo yang dirancang untuk berjalan di perangkat keras dengan RAM 512MB, dengan tiga poin penting yang menjadi pembeda Android Go dengan Android pada umumnya:
  • Sistem operasi kostum; Android Go masih tetap Android Oreo, hanya saja sudah dimodifikasi untuk ponsel kelas bawah.
  • Kumpulan aplikasi khusus yang dibuat untuk Android Go; Google merilis berbagai macam aplikasi dengan embel - embel "Go", seperti Youtube Go, Files Go, Google Go, dan masih banyak lagi.
  • Playstore yang di optimalkan; Secara teknis Playstore tidak berbeda dengan Android lainnya. Namun Playstore Android Go lebih menyoroti aplikasi yang akan bekerja dengan baik pada perangkat keras tersebut, contohnya Facebook Lite.


Karena dikhususkan untuk ponsel kelas bawah, Android go memiliki sistem manajemen data yang sudah di optimalkan, baik untuk manajemen penyimpanan maupun data seluler. Ukuran stock ROM Android Go hampir setengah dari ukuran Android pada umumnya, sehingga menyisakan lebih banyak space kosong untuk dimanfaatkan oleh pengguna. Ukuran aplikasi di Android go juga 50% lebih kecil jika dibandingkan dengan versi aslinya.


Untuk urusan data internet, Android Go dilengkapi dengan fitur "Data Saver". Bedanya dengan fitur data saver pada Android lain, fitur ini sudah aktif secara default. Selain itu aplikasi yang ada pada Android Go sudah di desain hemat data.

Masih belum jelas apakah Android One yang akan menggunakan Android Go. Namun yang jelas Android One dan Android Go sama - sama diperuntukkan untuk pasar negara berkembang, walaupun ada juga ponsel Android One yang dirilis secara global.

Nah itulah perbedaan Android One dan Android Go. Apakah kamu  tertarik untuk memiliki salah satu perangkat tersebut? Jangan lupa bagikan pendapatmu di kolom komentar ya!

Posting Komentar untuk "Apa Perbedaan Android One dan Android Go?"