Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara memperkecil ukuran file (game, aplikasi, media, dll) yang sudah terinstall di PC/Laptop


Teknologi komputer saat ini berkembang dengan sangat cepat untuk mendukung permintaan konsumen yang menginginkan PC/Laptop dengan spesifikasi tinggi terutama gamer. Ukuran file game juga semakin besar. Sebagai contoh, game DOOM terbaru memiliki ukuran 67 GB. Tentu saja ini akan sengat menguras ruang hard disk.

Tidak hanya game, dengan maraknya monitor 4K saat ini membuat banyak sekali file video atau film dengan kualitas 4K. Semakin tinggi resolusi dan kualitas file video maka kapasitas hard disk yang dibutuhkan semakin besar.

Tentu ini tidak jadi masalah jika kamu memiliki kapasitas penyimpanan yang besar. Tapi ini akan jadi masalah jika kapasitas penyimpanan Hard Disk hampir penuh atau bahkan sudah penuh. Selain memperlambat kinerja komputer, kamu juga tidak bisa menambahkan file baru.

Kabar baiknya Windows 10 dibenamkan fitur untuk mengecilkan ukuran file di PC/Laptop kamu. Normalnya hanya file tertentu yang bisa di kompres oleh Windows 10. Tapi kamu bisa menggunakan aplikasi CompactGUI untuk menghilangkan batasan tersebut dan memudahkan penggunaan. Bahkan fitur ini bisa digunakan untuk mengecilkan ukuran game atau program yang sudah terinstall tanpa mengubahnya menjadi sebuah arsip (rar, zip, dan sejenisnya).

Perlu diketahui bahwa CompactGUI hanya bekerja pada Windows 10 dan sangat aman untuk diterapkan karena memang CompactGUI hanya menanfaatkan fitur asli Windows 10.

Cara mengecilkan ukuran file game, aplikasi, video, music, dan lainnya di Windows 10 tanpa mengubahnya menjadi arsip


1. Back up file game dan program

Jik kamu ingin mengkompres ukuran file media atau file dokumen lainnya, tidak perlu di backup karena berdasarkan percobaan yang TeknoWin10 lakukan fitur ini bekerja dengan baik. Tapi untuk game atau program sebaiknya kamu melakukan backup terlebih dahulu.

Game atau program yang kamu kompres mungkin perfornya akan sedikit menurun karena adanya proses dekompres ketika menjalankan game tersebut. Tapi efek tersebut tidak akan memberikan perubahan performa yang signifikan pada game modern yang lebih mengutamakan GPU untuk berjalan.

2. Download CompactGUI

Silahkan download CompactGUI langsung dari GitHub atau melalui link berikut > Direct Link CompactGUI

3. Jalankan CompactGUI kemudian klik "Select Target Folder"

4. Pilih folder game, aplikasi, atau folder file yang ingin kamu kompres lalu klik "Select Folder"

5. Pilih metode kompresi yang kamu inginkan

Terdapat banyak pilihan pada tab Select Compression Algorithm yang bisa kamu gunakan. Berikut ini penjelasan dari masing - masing pilihan tersebut.
  • XPRESS4K : Proses paling cepat tapi ukuran file hanya berkurang sedikit
  • XPRESS8K : Sedikit lebih lambat dengan hasil kompresi yang lebih baik
  • XPRESS16K : Proses lambat tapi ukuran file banyak berkurang
  • LZX : Proses paling lambat tapi mendapatkan hasil kompresi yang maksimal

Angka diatas merupakan bit dari metode kompresi, semakin besar yang kamu pilih maka semakin banyak daya CPU yang digunakan ketika membuka file atau ketika memainkan game tersebut. Sebaiknya gunakan metode kompresi yang lebih kecil untuk game yang lebih kompleks seperti GTA 5 atau game terbaru lainnya. Sebaliknya untuk game lama yang tidak membutuhkan terlalu banyak daya CPU kamu bisa gunakan metode kompresi yang lebih besar.

6. Centang Compress Subfolder lalu klik Compress Folder

7. Setelah proses selesai akan muncul seperti gambar dibawah ini


Untuk melihat hasilnya pada file eksplorer, klik kanan pada folder yang sudah dikompres sebelumnya lalu klik Properties. Kamu akan melihat ukuran "Size" dan "Size on disk" berbeda. Size merupakan ukuran sebenarnya dan Size on disk merupakan ukuran setelah dikompress. Kapasitas penyimpanan yang digunakan sesuai yang tertera pada "Size on disk".

Bagaimana mudah kan? Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan dikolom komentar ya. Thanks

Posting Komentar untuk "Cara memperkecil ukuran file (game, aplikasi, media, dll) yang sudah terinstall di PC/Laptop"