Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuka FIle Video x265 atau H.265/HEVC di Windows 10 (Support Movies & TV)


Bagi kamu yang sering download film Big Movies maupun Anime mungkin pernah menemukan video dengan dengan tambahan x265, H.265 atau HEVC di nama file video hasil download. Kamu mungkin memilih untuk mengunduh video x265/HEVC/H.265 karena ukurannya yang jauh lebih kecil dibadningkan video tanpa tambahan x265.

X265 atau H.265 (HEVC) merupakan sebuah teknologi codec terbaru yang memungkin sebuah video memiliki ukuran file yang lebih kecil dibandingkan dengan video dengan codec x264 atau sebelumnya. Ini merupakan standar kompresi video yang merupakan penerus x264 atau MPEG-4 AVC (Advanced Video Coding) salah satu skema kompresi yang digunakan oleh Blu-ray.

Dibalik keunggulannya, karena ini merupakan teknologi terbaru maka pasti ada kekurangannya yaitu tidak semua pemutar video mendukung codec x265/H.265/HVEC. Bahkan di Windows 10 saat ini mungkin hanya VLC yang mendukung video dengan teknologi tersebut.

Namun kabar baiknya ternyata ada cara supaya semua pemutar video di Windows 10 (termasuk Movies & TV) bisa membuka file video x265 atau H.265 (HVEC). Caranya sangat mudah, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini atau tonton video tutorial di akhir artikel ini. 

Catatan: Jika kamu menemukan tombol "install" tidak muncul dan berganti menjadi tombol "Redeem Code" cara mengatasi nya sangat mudah dan sudah sudah saya sertakan setelah langkah langkah dibawah ini.

Cara Membuka FIle Video x265 atau H.265/HEVC di Windows 10 (Support Movies & TV)

  1. Silahkan buka link ini =>> HVEC/x265/H265 ekstension
  2. Klik tombol "Get"
  3. pada pop up yang muncul silahkan klik "Buka Microsoft Store"
    Cara Membuka FIle Video x265 atau H.265/HEVC di Windows 10 (Support Movies & TV)
    Klik "Get" lalu klik "Buka Microsoft Store"
  4. Setelah jendela Microsoft Store terbuka silahkan klik Install
    Cara Membuka FIle Video x265 atau H.265/HEVC di Windows 10 (Support Movies & TV)
    Klik tombol Install
  5. Tunggu proses download sampai selesai
  6. setelah download selesai tutup jendela Microsoft store

Cara mengatasi masalah "redeem Code"

Jika kamu tidak menemukan tombol install dan yang muncul malah tombol Redeem Code silahkan ikuti tutorial dibawah ini.
  1. Silahkan buka link store adguard.
  2. Copy link download x265 extension ini =>> https://www.microsoft.com/en-us/p/hevc-video-extensions-from-device-manufacturer/9n4wgh0z6vhq?activetab=pivot:overviewtab lalu paste di situs store adguard. lalu setting seperti gambar dibawah kemudian klik tanda centang.

    Store Adguard | GaptoGeek

  3. Pada link download yang muncul silahkan pilih file appx yang sesuai dengan arsitektur Windows 10 kamu. Sebagai contoh saya pilih yang x64. Download satu aja yang akhirannya .appx.

    Store Adguard | GaptoGeek

  4. Buka file yang baru saja kamu download lalu klik install.
  5. Tunggu proses install sampai selesai. Jika sudah kamu bisa mencoba buka file video x265 yang sebelumnya tidak bisa diputar.

    Proses Install HEVC x265 video ekstension | GaptoGeek

Setelah semua langkah-langkah diatas sudah kamu ikuti dan berhasil. Selanjutnya silahkan coba buka video x265/H265/HEVC yang kamu miliki. Jika kamu mengikuti tutorial di atas dengan benar maka video kamu akan terbuka dengan lancar.

Jika kamu masih kurang mengerti dengan langkah-langkah di atas silahkon tonton video dibawah ini:


Jika masih ada yang kurang di mengerti atau ada pertanyaan lainnya jangan sungkan untuk disampaikan di kolom komentar yaa!


Posting Komentar untuk "Cara Membuka FIle Video x265 atau H.265/HEVC di Windows 10 (Support Movies & TV)"