Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Apa Itu Windows 10X Beserta Semua Fitur Baru dan Kelebihannya

Mengenal Apa Itu Windows 10X, Dan Apa Saja Kelebihannya

Windows 10X adalah edisi terbaru Windows 10 yang dikhususkan untuk perangkat dengan layar ganda dan layar yang bisa ditekuk. OS ini seperti versi modern Windows 10 yang memangkas komponen dan fitur yang tidak dibutuhkan demi knyamanan dan keamanan dalam penggunaan. Ini berarti mulai dari Windows Shell sampai OS yang mendasarinya telah dibangun ulang dengan teknologi modern sambil tetap mempertahankan dukungan aplikasi lawas bagi yang membutuhkannya.

Antar Muka Baru

Mengenal Apa Itu Windows 10X, Dan Apa Saja Kelebihannya

Windows 10X menggunakan windows shell baru dengan antarmuka pengguna yang telah dibangun dengan teknologi modern. Membawa UI adaptif yang dapat menyesuaikan tergantung pada "postur" perangkat kamu. Misalnya, dengan PC yang dapat dilipat, pengguna mungkin ingin menggunakannya dengan beberapa cara berbeda; sebagai laptop, atau tablet, atau dalam mode mirip TV untuk film. Karena itu, antarmuka pengguna harus beradaptasi untuk memberikan pengalaman terbaik di mana pun perangkat kamu digunakan.

Start Menu Baru

Lenovo Windows 10X
Microsoft mendesain ulang start menu yang berfokus pada produktifitas. Dibagian atas terdapat kolom pencarian yang dapat mencari system, web, dan aplikasi. Kemudian dibawah pencarian terdapat daftar aplikasi yang menggantikan fungsi Live Tiles pada Windows 10. Selain itu ada juga area "Recommended" yang secara dinamis diperbarui dengan hal-hal yang mungkin ingin langsung dibuka oleh pengguna, seperti dokumen Office terbaru dan situs web yang dikunjungi.

Daftar aplikasi dapat disesuaikan, kamu bisa mengatur aplikasi mana saja yang muncul di beberapa baris pertama. Windows 10X juga akan mendukung folder aplikasi di menu Start, memungkinkan pengguna untuk mengelompokkan beberapa aplikasi di dalam satu folder, sama seperti menu Start yang ada di Windows 10.

TaskBar Baru

TaskBar Windows10X

Windows 10X juga memiliki TasBar yang dapat berubah sesuai dengan perangkat yang digunakan. Seperti dalam demo, Start Menu, aplikasi yang di sematkan, dan ikon aplikasi yang sedang berjalan ditampilkan dibagian tengah TaskBar. Namun kamu tetap bisa menyesuakannya agar tampil disebelah kirot TaskBar seperti Windows 10.

Selain itu taskbar akan mengecil ketika kamu membuka aplikasi dan terdapat garis pendek yang bisa kamu tarik keatas untuk kembali membuka TaskBar. Jika ada perangkat Keyboard dan Mouse terhubung, TaskBar akan berfungsi layaknya pada Windows 10. Yang artinya tidak akan mengecil walaupun kamu membuka aplikasi.

Action Center Baru

Action Center Windows 10X

Selain Start Menu dan TaskBar, Action Center juga mendapatkan sentuhan baru. Action Center baru ini lebih menekankan ke kecepatan, dimana semua kamu bisa menyelesaikan semuaa yang ada di pusat kontrol tanpa perlu meninggalkan Action center. Berbeda dengan Windows 10, hanya untuk mengubah kontrol jaringan saja perlu dibawa mutar dulu ke settings. Selain itu terdapat pusat pemberitahuan dibagian atas dalam box terpisah. Action Center baru ini mencakup hal-hal seperti kontrol volume, opsi daya, dan persentase baterai.\

Pengalaman Set-Up Baru

Pengalaman Set-Up Windows 10X

Karena setiap bagian dari Windows 10X telah dirancang ulang, pengalaman out of box juga telah diperbarui dengan tampilan dan nuansa modern. Set-Up baru ini tetap menampilkan proses pengaturan Windows, pemilihan bahasa, masuk dengan Akun Microsoft, serta menyetujui syarat dan ketentuan. Tapi sepertinya Cortana tidak lagi hadir selama proses pengaturan.Karena itu, ini seperti pengalaman Set-Up yang lebih tradisional, namun telah dipercantik pada Windows 10X.

Compose Mode

Compose Mode Windows 10X

Compose Mode / Mode Penulisan merupakan tombol baru di Action Center yang mengubah pengalaman pengguna dari berbasis konsumsi menjadi berbasis produktivitas. Pada perangkat seperti Surface Neo mode penulisan otomatis berjalan ketika kamu menempatkan keyboard fisik pada salah satu layar. 

Pada perangkat yang tidak memiliki keyboard fisik, mode penulisan akan menggunakan salah satu layar untuk menampilkan keyboard beserta emoji, gif, dan dukungan tulisan tangan. Mode ini juga akan mengubah Taskbar dari yang diperkecil menjadi ukuran normal tanpa perlu digesek.

Secara umum, aplikasi pada windows 10X selalu berjalan dalam mode layar penuh, dan tidak dapat digeser seperti Windows 10. Tapi pada layar yang lebih besar, mengaktifkan Compose Mode memungkinkan kamu untuk membuka aplikasi dengan jendela yang lebih kecil dan bisa digeser seperti laptop pada umumnya. 

Mendukung Aplikasi lawas (.exe)

Karena Windows 10X adalah OS modern, dukungan untuk aplikasi Windows lawas dilakukan melalui mode khusus baru yang pada dasarnya memutar versi efisien dari Windows 10 di latar belakang setiap kali pengguna ingin menjalankan aplikasi lawas. Ini berarti bahwa ketika pengguna tidak menjalankan aplikasi lawas, OS tidak akan macet oleh komponen lawas, yang meningkatkan masa pakai baterai dan kinerja sistem secara keseluruhan.

Tidak seperti sistem aplikasi pada Windows 10, UWP dan aplikasi web modern berjalan secara native di Windows 10X. Microsoft telah bekerja keras untuk memastikan tidak ada perbedaan nyata dalam kinerja antara aplikasi lawas dan aplikasi modern. Namun, mungkin ada sedikit keterlambatan saat meluncurkan aplikasi lawas jika tidak ada aplikasi lawas lain yang berjalan.

Windows Update Yang Ditingkatkan


Microsoft juga meningkatkan Windows Update dengan cara membuatnya jauh lebih cepat pada Windows 10X. Pembaruan fitur tidak akan memakan waktu lama untuk menginstalnya seperti yang dilakukan pada Windows 10 karena pembaruan fitur tersebut sekarang diinstal di latar belakang tanpa memerlukan reboot hingga pembaruan dilakukan. Jadi, seperti pada Android dan Chrome OS, ketika pembaruan siap untuk me-restart PC, kamu hanya perlu restart seperti biasa, dan tidak akan memakan waktu 15 menit untuk menyelesaikan instalasi sebelum kamu dapat menggunakan PC kamu kembali.

Dynamic Wallpaper

Jika kamu pengguna Mac OS Catalina mungkin tidak asing lagi dengan Dynamic Wallpaper. Fitur ini bisa menyesuaikan Wallpaper sesuai dengan kondisi nyata. Misalnya ketika malam hari langit di wallpaper kamu akan berubah menjadi gelap dengan bintang yang bertaburan.

Ekslusif Untuk Layar Ganda Saat Diluncurkan

Surface Neo Windows 10X

Windows 10X hanya akan tersedia pada perangkat OEM, dan perangkat tersebut akan mulai dikirim pada paruh kedua tahun 2020. Ini berarti jika kamu ingin menggunakan Windows 10X, kamu harus membeli PC baru yang dilengkapi dengan Windows 10X yang sudah diinstal sebelumnya. . OS ini tidak akan tersedia untuk dibeli atau diunduh untuk dipasang pada perangkat keras yang ada, dan juga tidak akan tersedia sebagai pembaruan untuk pengguna Windows 10.

Namun ada bocoran yang mengatakan bahwa Windows 10X bisa di compile dalam bentuk ISO. Itu artinya tidak lama setelah Windows 10X rilis, kamu bisa menemukan file ISO Windows 10X di internet. Tentu saja file tersebut tidak resmi, tapi setidaknya kita bisa mengobati rasa penasaran dengan mencicipinya di laptop lama kan, hehe.

1 komentar untuk "Mengenal Apa Itu Windows 10X Beserta Semua Fitur Baru dan Kelebihannya"

  1. Your Affiliate Profit Machine is ready -

    Plus, getting it set up is as easy as 1--2--3!

    Here is how it works...

    STEP 1. Input into the system which affiliate products you intend to promote
    STEP 2. Add some PUSH BUTTON traffic (it takes JUST 2 minutes)
    STEP 3. Watch the system grow your list and sell your affiliate products all for you!

    Are you ready to make money ONLINE??

    The solution is right here

    BalasHapus