Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengaktifkan Force Dark Mode Semua Website di Edge Chromium dan Chrome

Cara Mengaktifkan Force Dark Mode Semua Website di Edge Chromium dan Chrome

Microsoft Edge Chromium merupakan browser terbaru Microsoft yang hadir dengan segudang fitur yang bermanfaat. Browser ini juga sudah terintegrasi secara langsung dengan Windows 10. Walaupun menggunakan engine yang sama dengan Google Chrome tapi ada banyak fitur yang ada di Microsoft Edge namun tidak ada di Google Chrome, dan sebaliknya.

Namun fitur yang kali ini akan saya bahas adalah fitur yang ada di Micrsodoft Edge dan juga di Google Chrome yaitu Force Dark Mode. Fungsi dari fitur ini untuk menjadikan semua website yang kamu buka menjadi mode gelap bahkan walaupun website tersebut tidak memiliki mode gelap. Fitur ini sangat bermanfaat untuk menselaraskan tema gelap system dengan web. Selain itu ini juga bisa membantu mengurangi paparan cahaya yang masuk ke mata.

Fitur Force Dark Mode for Web Content ini tidak aktif secara default dan juga belum ada di setelan browser karena masih dalam tahap percobaan. Tapi setelah hampir seminggu saya gunakan di browser utama saya tidak menemukan bug atau masalah. Jadi saya rasa ini cukup stabil dan sudah layak digunakan untuk umum. Karena itu kali ini saya akan membagikan tutorial cara mengaktifkan fitur Force Dark Mode untuk semua website. Seperti yang sudah dijelaskaan di atas, tutorial ini bisa kamu terapkan di Microsoft Edge Chromium dan juga Google Chrome.

Cara Mengaktifkan Force Dark Mode Untuk Semua Website di Microsoft Edge dan Google Chrome


  1. Ketikkan edge://flags/#enable-force-dark di adress bar Microsoft Edge atau chrome://flags/#enable-force-dark untuk google Chrome.
  2. Tekan Enter.
  3. Pada bagian "Force Dark Mode for Web Content" pilih Enable seperti gambar berikut.
    Enable Force Dark Mode for Web Content Microsoft Edge dan Google Chrome
    Enable Force Dark Mode for Web Content
  4. Klik mulai ulang untuk menerapkan setelan yang telah kamu terapkan sebelumnya.
    Enable Force Dark Mode for Web Content Microsoft Edge dan Google Chrome
  5. Selesai. Selanjutnya setiap website yang kamu buka akan menggunakan tema gelap. 
Sebagai informasi tambahan, Microsoft Edge Chromium merupakan pengganti Microsoft Edge klasik yang menggunakan engine buatan Microsoft. Edge klasik lebih ringan dan irit baterai namun tidak banyak fitur yang ditawarkan. Berbeda dengan Edge chromium yang membawa semua fitur yang sudah ada pada browser Chrome buatan Google. Jadi Microsoft Edge Chromium sangat layak digunakan. 

Posting Komentar untuk "Cara Mengaktifkan Force Dark Mode Semua Website di Edge Chromium dan Chrome"