Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

WIndows 10X Akan Tersedia di PC ARM Untuk Melawan Perkembangan Chrome OS

Pada Oktober 2019 lalu, Microsoft mengumumkan kehadiran Windows 10X untuk perangkat denga layar ganda. Namun merubah rencananya dan memilh untuk merilis Windows 10X utnuk perangkat single screen seperti laptop terlebih dahulu pada 2021. Ada juga rumor yang mengatakan bahwa Windows 10X pada awal perilisannya tidak akan mendukung aplikasi win32.

Windows 10X sepertinya akan masuk ke fase RTM (Release to Manufacture) dalam beberapa minggu kedepan. Windows 10X akan mendukung prosesor dengan arsitektur x86/x64 seperti Intel dan AMD. Tidak ketinggalan juga dukungan untuk prosesor ARM yang sedang menjadi tren untuk saat ini dan kedepannya.

Microsoft memberikan kebebasan untuk manufaktur komputer dalam memilih prosesor yang mereka inginkan. Dengan begitu Windows 10X bisa menggunakan prosesor Qualcom Snapdragon dan juga Exynos buatan Samsung.

Seperti yang sudah kamu tahu, Windows 10X di desain lebih simple dengan mengedepankan performa dan daya tahan battery. Windows 10X baik yang berbasis Intel maupun ARM akan bisa menjalankan aplikasi UWP, PWA, dan semua aplikasi yang ada di Microsoft Store. Dukungan untuk aplikasi win32 sepertinya akan datang terlambat.

Tampilan Windows 10X | Gaptogeek

Perlu kamu ketahui bahwa Windows 10X tidak dibuat untuk menggantikan Windows 10 yang sudah ada saat ini. Karena seperti yang saya sebutkan di atas Windows 10X berfokus pada performa dan daya tahan battery. Namun karena desainnya yang simple tetntu saja banyak fitur Windows 10 yang tidak ada di Windows 10X.

Lalu kenapa saya menyebut kehadiran Windows 10X di ARM untuk melawan Chrome OS? Tentu saja karena Chrome OS sudah hadir terlebih dahulu di ARM. Selain itu kedua OS tersebut sama sama menyasar segmen pasa yang sama. Namun sepertinya Chrome OS akan sulit disaingi karena ekosistemnya sudah cukup besar. Selain itu Chrome OS sudah mendukung banyak sekali aplikasi seperti aplikasi linux dan juga Android. Menarik untuk melihat bagaimana nasib Windows 10X kedepannya.

Untuke lebih jelasnya tentang Windows 10X dan untuk mengetahui kekurangan serta kelebihannya kamu bisa membacanya melalui link artikel ini.

Posting Komentar untuk "WIndows 10X Akan Tersedia di PC ARM Untuk Melawan Perkembangan Chrome OS"