Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 15 Fitur Baru MIUI 11 Yang Perlu Kamu Ketahui (part 1)

Xiaomi sudah mulai menggulirkan update MIUI 11 ke semua device yang didukung secara bertahap. Menariknya tidak hanya perangkat baru saja yang mendapatkan update, namun perangkat lama seperti Redmi note 4/4x dan redmi 4/4x juga kebagian MIUI 11. Xiaomi menambahkan banyak perubahan tampilan dan juga fitur baru pada MIUI 11. Jadi jika update MIUI 11 sudah tersedia pada perangkat kamu jangan lupa di install ya.

Berikut ini 15 fitur baru MIUI 11 yang perlu kamu ketahui 

1. Desain Minimalis

MIUI 11 menghadirkan tema klasik baru yang membawa ikon menu kotak dengan ujung membulat seperti yang sedang trend saat ini. Tema ini akan mengubah semua ikon aplikasi menjadi kotak, bahkan pada ikon yang aslinya tidak memiliki border seperti Whatsapp, chrome, dll. Dengan begitu semua ikon aplikasi akan terlihat seragam dan enak dipandang. Selain itu, animasi juga terasa cukup halus dan konsisten di seluruh aplikasi dan pengaturan. Tampaknya MIUI 11 fokus untuk membuat transisi UI lancar namun tetap cepat. Xiaomi juga membawa font baru yang tidak terlihat terlalu kartun. Font ini memiliki dukungan untuk Dynamic Font Scaling yang memungkinkan aplikasi seperti Notes untuk menyesuaikan konten sehingga mudah dibaca oleh siapa pun. Tidak hanya konten, tetapi keseluruhan UI diskalakan secara dinamis sehingga kamu dapat memiliki pengalaman membaca yang lebih baik.
Selain itu, UI MIUI 11 memiliki lebih sedikit garis dan kotak untuk membuat kamu lebih fokus pada konten. Menu Pengaturan terlihat jauh lebih bersih dan memiliki ikon warna-warni baru. Xiaomi telah menyatakan bahwa MIUI 11 telah dirancang untuk pengalaman layar penuh.

2. Mi Share

Mi Share merupakan hasil kerja sama Xiaomi dengan Oppo, Vivo, dan Realme untuk mempermudah mengirim file antar perangkat dengan kecepatan transfer yang jauh melebihi Bluetooth. Fitur ini mirip seperti Share Me dan Share it. Namun Mi Share sudah terintegrasi langsung ke sistem dan dapat ditemukan melalui menu Settings > "Connection and Sharing".

3. Ambient Display Customization

Sebelumnya Xiaomi menghadirka Always On Display di perangkat yang didukung (seri Redmi K20, Mi 9, dll) tahun lalu, tetapi dengan MIUI 11, Xiaomi membawa banyak opsi penyesuaian untuk tampilan sekitar. Juga dihadirkan banyak pilihan untuk dipilih: ada jam animasi, latar belakang berwarna-warni, dan fitur untuk menambahkan catatan bergerak.

4. Ultra Battery Saver

MIUI selalu menawarkan fitur yang bermanfaat bagi penggunanya. Ponsel Xiaomi sudah hadir dengan mode penghemat baterai, tapi pada MIUI 11 terdapat fitur hemat baterai lainnya yaitu Ultra Battery Saver. Fitur ini menonaktifkan semua proses latar belakang. Hanya fitur dasar yang dipertahankan seperti panggilan, perpesanan, dan konektivitas internet tanpa sinkronisasi latar belakang. Selanjutnya, wallpaper diubah menjadi hitam pekat dan semua animasi dimatikan.

5. Global Dark Mode

Jika perangkat kamu menggunakan MIUI 11 berdasarkan Android 10 maka kamu dapat memaksa aplikasi apa pun untuk menggunakan mode gelap. Pada stok Android, kamu akan menemukan opsi "override dark mode" di dalam Opsi Pengembang. Namun, Xiaomi membawa fitur yang sama dengan nama "Global Dark Mode" di dalam halaman pengaturan Tampilan. Fitur ini bekerja dengan baik pada aplikasi seperti Telegram dan aplikasi Keamanan. Selain itu, kamu juga dapat menjadwalkan mode gelap berdasarkan waktu yang kamu inginkan.

6. Peningkatan File Manager

MIUI 11 membawa sejumlah perubahan baru ke aplikasi File Manager aslinya. Sekarang Kanu dapat dengan cepat mencari file karena sudah mendukung lebih banyak jenis format file untuk menampilkan thumbnail. Dan selain itu, kamu dapat membuka PDF, DOCX, atau file Office lainnya tanpa memerlukan aplikasi tambahan apa pun. Xiaomi menyematkan WPS office untuk mendukung fitur tersebut.

7. Mimoji Pada Aplikasi Kamera

Sebelumnya, untuk menggunakan Mimoji di ponsel Xiaomi, Kamu harus menginstal aplikasi terpisah. Namun, dengan MIUI 11, Mimoji telah dimasukkan ke dalam aplikasi Kamera. Kamu dapat beralih ke tab Mimoji di bagian bawah dan mulai membuat emoji animasi sendiri. Mimoji sekarang mendukung gerakan kepala, deteksi mulut, dan juga beberapa ekspresi wajah. Ini tidak secanggih Animoji Apple, tetapi kamu bisa mencobanya untuk bersenang-senang.

8. Membuat Daftar Tugas Dalam Catatan


Lanjut ke Part 2....

Posting Komentar untuk "Inilah 15 Fitur Baru MIUI 11 Yang Perlu Kamu Ketahui (part 1)"