Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Install atau Dual Boot macOS Hackintosh di PC/Laptop Windows

Cara Install atau Dual Boot macOS Hackintosh di PC/Laptop Windows

Sebelumnya saya sudah membagikan cara download macOS dan juga cara membuat USB Bootable macOS di Windows. Kali ini saya akan berbagi cara instal macOS di PC/Laptop merek apapun asalkan memenuhi spesifikasi minimum yang dibutuhkan oleh setiap versi macOS yang ingin di install.

Tidak semudah install Windows, install macOS membutuhkan kesabaran dan keinginan yang kuat untuk mencoba. Jangan takut mengalami kegagalan dan jangan cepat menyerah. Kamu juga tidak perlu takut kehilangan data karena tidak akan hilang jika tidak salah format. Dan walaupun gagal install MacOS kamu tidak akan kehilangan Windows. Kamu akan tetap bisa masuk ke windows selama kamu tidak melakukan format pada partisi dimana Windows terinstal.

Sebelum mulai, kamu harus melengkapi alat dan bahan yang dibutuhkan dibawah ini;
  1. USB Bootable macOS yang bisa kamu buat dengan cara ini
  2. Laptop / PC Desktop (Disarankan yang menggunakan prosesor Intel Core i (i3, i5, i7, i9), dan menggunakan RAM minimal 4GB)
  3. Partisi kosong minimal 30GB (untuk install macOS)
  4. Pahami perbedaan UEFI dan Legacy BIOS disini (untuk mempermudah)

Cara Install atau Dual Boot macOS Hackintosh Zone di PC/Laptop Windows

Catatan: Ketika kamu mengikuti tutorial ini mungkin kamu akan mengalami beberapa kendala tergantung laptop. Karena jenis kendalanya berbeda-beda jadi tidak mungkin saya akan menjelaskan semuanya disini. Untuk itu silahkan sampaikan kendalamu di kolom komentar saja ya. Saya akan berusaha membantu. Dan pastikan kamu mengikuti cara ini dengan teliti. TeknoWin10 tidak bertanggung jawab dengan masalah yang ditimbulkan karena kelalaian kamu. 

Pada tutorial ini saya menggunakan Laptop Toshiba Satellite L745 karena jarang dipakai dan supaya terasa baru lagi 😁. Saya menggunakan Hackintosh Zone High Sierra karena Mojave dan Catalina tidak mendukung Legacy Bios.
  1. Siapkan partisi kosong minimal 30GB. Lebih besar lebih baik jika kamu ingin install banyak aplikasi.
  2. Matikan PC/Laptop kamu kemudian colokkan USB Bootable macOS yang sudah kamu siapkan sebelumnya.
  3. Hidupkan kembali PC kamu kemudian masuk ke BIOS/UEFI dengan menekan F2 atau ESC (berbeda setiap merk laptop), kemudian atur USB Drive kamu sebagai prioritas boot. kemudian restart PC kamu untuk booting ke USB Drive. Catatan: Di laptop yang saya gunakan bisa langsung menekan F12 untuk memunculkan boot option dan langsung bisa boot ke USB Drive.
    Pilih USB Drive sebagai prioritas
  4. Setelah booting ke USB Drive kamu akan melihat Clover Bootloader jika menggunakan UEFI dan  Cameleon Bootloader jika PC kamu menggunakan Legacy BIOS. Tekan Enter pada pilihan Hackintosh Zone High Sierra Installer (atasu sesuai versi macOS yang kamu gunakan).
    Clover Bootloader
    Clover Bootloader
    Cameleon Bootloader
    Cameleon Bootloader
  5. Jangan panik ketika muncul banyak tulisan. Tunggu saja sampai muncul logo Apple kemudian akan muncul pilihan bahasa yang bisa kamu pilih. Klik tombol Next
    Pilihan bahasa
  6. Selanjutnya klik Continue pada dua jendela yang muncul
  7. Format partisi yang akan kamu gunakan untuk install macOS melalui Disk Utility
    Buka Disk Utility
    Buka Disk utility
  8. Pada Disk Utility pilih partisi yang ingin kamu gunakan. Klik Erase dan ikuti seperti gambar dibawah ini. Untuk kolom nama bisa kamu isikan sesuai keinginan. Kemudian Klik Erase untuk memulai proses format. Jangan sampai salah format ya.
    Format Partisi macOS
    Format Partisi yang akan digunakan
  9. Jika sudah klik Done dan tutup Disk Utility
  10. Pilih Partisi yang sudah kamu format tadi lalu klik Customize
    Customize kext
  11. Centang sesuai yang kamu butuhkan dan sesuai dengan PC/Laptop kamu. Pada opsi bootloader centang "Clover standar" untuk PC dengan Legacy BIOS dan "Clover UEFI" untuk PC UEFI
    Customizre kext
  12. Sisanya silahkan sesuaikan dengan laptop kamu. Ini adalah kext standar (driver jika di Windows). Klik pada pilihan yang tersedia untuk melihat penjelasannya. Kamu juga bisa mengikuti setingan yang saya gunakan dibawah ini atau menggunakan setingan Default lalu klik Accept.
    Setting kext]
  13. Jika Sudah klik lagi pada partisi sebelumnya untuk memastikan tidak salah partisi kemudian klik install. Tunggu prosesnya sampai selesai
    Proses instal macOS Hackintos di PC Windows
    Proses instal
  14. Setelah proses selesai Laptop/PC kamu akan restart. Jika tidak restart otomatis kamu bisa restart manual melalui logo apple dipjok kiri atas.
  15. Setelah hidup kembali pilih Boot macOS from Mac (nama partisi) dengan menekan Enter
  16. Tunggu proses booting sampai muncul pilihan negara. Pilih sesuai negara kamu dan klik Continue. Catatan: Setelah pilihan ini muncul kamu bisa mengananggap proses instal macOS berhasil karena kamu tinggal mengikuti setup seperti biasa.
    Pilih Negara
  17. Pada pilihan keyboard, klik Continue kecuali kamu punya jenis keyboard yang berbeda.
  18. Lanjutkan setup dengan memasukkan nama pengguna dan pasword. Klik Continue sampai semua setup selesai
  19. Tampilan penuh macOS akan muncul dan akan ada banyak pemberitahuan rebuilding cache dan sebagainya. sebaiknya jangan lakukan apapun dan tunggu sampai muncul pemberitahuan instal macOS sukses. 
  20. Done. MacOS berhasil terinstal 

Setelah berhasil terinstal mungkin ada beberapa fungsi laptop kamu yang tidak bekerja. kamu harus instal kext untuk setiap hardware yang bermasalah. Karena artikel ini sudah terlalu panjang jadi cara instal kext akan saya bagikan pada artikel berikutnya ya.

Oh iya. untuk masuk ke Windows 10 atau windows yang kamu gunakan sebelumnya tinggal restart dan pilih Windows pada Clover Bootloader. Jika ada pertanyaan, kritik, dan saran silahkan sampaikan di kolom komentar ya.  

Posting Komentar untuk "Cara Install atau Dual Boot macOS Hackintosh di PC/Laptop Windows"