Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Install Kext / Driver di Hackintosh dan macOS

Cara Mudah Install Driver / Kext di Semua Versi Hackintosh atau macOS

Jika sebelumnya kamu terbiasa dengan OS Windows, kamu pasti tidak asing lagi dengan driver. Driver biasanya kamu instal agar semua perangkat keras bekerja sebagai mana mestinya. Pada macOS driver ini bernama kext yang merupakan singkatan dari Kernel Extension. Fungsinya hampir sama dengan driver yaitu untuk menambahkan dukungan pada perangkat keras yang tidak di dukung oleh Apple secara resmi. Untuk lebih jelasnya tentang kext kamu bisa melihat artikel ini.

Jika melihat dari fungsi kext diatas, maka ini sangat diperlukan jika ada perangkat kamu yang tidak berfungsi. Cara install kext juga cukup mudah. Yang susah adalah mencari kext yang cocok untuk perangkat keras kamu. Ada beberapa forum luar negeri yang biasanya menyediakan kext salah satunya TonyMac. Kamu juga bisa sedikit Googling saya yakin kamu pasti menemukannya.

Cara Mudah Install Kext di Hackintosh atau macOS

Untuk menginstall kext kamu bisa mlakukannya dengan cara manuala dan dengan bantuan aplikasi pihak ketiga. Pengguna Hackintosh akan menemukan aplikasi Kext Wizard terinstall secara default dan bisa ditemukan di LaunchPad. 

Cara Install Kext di Hackintosh Dengan Kext Wizard

Jika kamu pengguna Hackintosh maka kamu akan menemukan Kext Wizard pada LaunchPad. Jika belum ada kamu bisa unduh Kext WIzard melalui link berikut, Unduh Kext Wizard. Jika sudah kamu tinggal install dan ikuti petunjuk dibawah ini.
  1. Siapkan kext yang akan kamu install
  2. Buka Kext Wizard
  3. Centang System/Library/Extension.
  4. Pilih target disk dimana macOS kamu terinstall. Kemudian klik Execute dan tunggu sampai selesai
    rebuild permition and cache macOS
  5. Klik pada tab Installation lalu pilih file kext yang akan kamu install dengan klik Browse. Kamu juga bisa drag file kext ke aplikasi kext wizard. Jika sudah klik install
    Langkah mudah install kext dengan kext wizard
  6. Tunggu prosesnya sampai selesai. Kemudian ulangi langkah ke empat untuk melakukan rebuild permition dan cache. 
  7. Restart macOS

Install Kext di Hackintosh Dengan Cara Manual

  1. Siapkan kext yang akan kamu install
  2. Sekarang kamu bisa copy paste file kext ke /Library/Extension kemudian masukkan password macOS kamu.
  3. Atau kamu juga bisa menggunakan terminal dengan perintah sudo cp -R KextBaru.kext /Library/Extensions. Ganti KextBaru.Kext dengan lokasi dimana kamu menyimpan kext tersebut. Contoh: sudo cp -R ~/Downloads/VoodooHDA.kext /Library/Extensions
  4. Dua cara diatas adalah cara manual dan mengharuskan kamu untuk melakukan rebuild cache setelah file kext berhasil di copy paste.
  5. Rebuild cache dengan memasukkan perintah sudo kextcache -i /
  6.  Restart komputer
  7. Untukk memasktikan kext yang kamu instal sudah berjalan masukkan perintah kextstat | grep -y "NamaKext". Ganti nama "NamaKext" dengan nama kext yang kamu install sebelumnya. Contoh kextstat | grep -y "AppleALC".
Itulah cara mudah install kext dengan aplikasi dan dengan cara manual. Perlu kami ingankan bahwa konten pada artikel ini hanya menunjukkan cara install kext. Kami tidak bertanggung jawab jika kamu salah install file kext yang tidak sesuai dengan perangkat kamu. Untuk itu pastikan kamu mengunduh file kext yang benar ya. 

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Install Kext / Driver di Hackintosh dan macOS"