Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Kext Pada MacOS dan Hackintosh, Apa Saja Fungsinya?

Apa Itu Kext Pada MacOS dan Hackintosh, Apa Saja Fungsinya?

Kext pada dasarnya adalah driver macOS. Secara spesifik "Kext" adalah singkatan dari Kernel Extension yang berfungsi untuk memperluas kernel macOS dengan menyediakan kode tambahan untuk dimuat saat perangkat Mac di hidupkan.

Hackintosh sering membutuhkan file kext untuk mengaktifkan berbagai mcam fungsi hardware seperti suara, wifi, bluetooth, VGA, dan lainnya. Beberapa kext untuk hackintosh sebenarnya merupakan modifikasi dari kext yang sudah ada pada macOS. Kext lainnya adalah tambahan untuk kext normal yang dimuat saat perangkat dihidupkan. Namun pada intinya fungsi kext ini sama yaitu untuk menambah dukungan pada perangkat keras yang tidak secara resmi didukung oleh Apple.

Pada macOS file kext terlihat seperti satu file utuh. Tapi sebenarnya, file kext merupakan kumpulan dari beberapa file yang di kemas seperti file zip. Jika kamu membukanya di OS Windows maka akan terlihat seperti folder biasa yang berisi banyak file. Cara kerjanya sama dengan file .app atau file aplikasi pada perangkat Apple.
Rekomendasi: Cara Install atau Dual Boot MacOS(Hackintosh) dan Windows 10 di Laptop/PC Biasa
Pada macOS kamu bisa melihat isi file kext dengan klik kanan lalu pilih "Show Package Content". Didalamnya terdapat file plist yang bisa kamu ubah untuk membuat modifikasi tambahan. Mengedit konten file kext kadang-kadang diperlukan untuk mengaktifkan kexts kartu grafis tertentu atau memperbaiki glitch pada kext.

Dimana Lokasi File Kext?

Lokasi file kext pada macOS dan Hackintosh
  • Sebagian besar file kext pada macOS terinstall di /System/Library/Extensions secara default.
  • Beberapa tools yang biasa digunakan setelah instalasi (ex. Multibeast) menempatkan file kext pada /Library/Extensions.
  • Jika kamu menggunakan Hackintosh, Clover Bootloader biasanya menyimpan beberapa file kext langsung pada partisi EFI (/EFI/CLOVER/kexts). Tapi kext yang disimpan disini hanya sebagian kecil kext yang diperlukan oleh Clover saja. Pada beberapa kasus ini diperlukan untuk memperbaiki Hackintosh kamu yang bermasalah.
Baca Juga: Cara Install Kext di Hackintosh/macOS
 Pada perangkat Apple kext yang dibuthkan sudah terinstall secara default. Kecuali kext untuk hardware tambahan seperti Xbox Controller dan perangkat eksternal lainnya. Namun pada Hackintosh tidak semua kext langsung terpasang. Alasannya tentu saja karena kamu menginstall macOS pada perangkat yang tidak didukung oleh Apple. Untuk itu kamu perlu mencari kext untuk masing masing hardware yang tidak bekerja pada perangkat kamu.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Kext Pada MacOS dan Hackintosh, Apa Saja Fungsinya?"