Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bisakah install Apple MacOS di PC Windows? Bagaimana Caranya?

Bisakah install Apple MacOS di PC Windows? Bagaimana Caranya?

MacOS merupakan system operasi yang dibuat oleh Apple khusus untuk perangkat Macbook dan iMac. Jika kamu belum tahu MacBook merupakan laptop buatan Apple yang terkenal memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan laptop Windows dikelas yang sama. Begitu juga dengan iMac yang berupa perangkat AIO. Ada juga perangkat terbaru Apple yaitu Mac Pro yang harganya varian termahalnya sampai 730 juta. Semua perangkat tersebut menggunakan system operasi macOS.

Mac Pro dengan harga sampai 730 juta
Image: Mac pro

Jika kamu berbikir kamu bisa install macOS di PC manapun semudah install Windows, ubuntu, atau distro linux lainnya, maka kamu salah besar. Karena Apple memang tidak mengizinkan OS buatannya digunakan di sembarang laptop atau PC. Jika itu terjadi bisa bisa penjualan perangkat apple turun drastis. Orang akan lebih memilih laptop merk lain dengan spesifikasi yang sama dengan perangkat macbook namun pasti harganya jauh lebih murah. Lalu mereka tinggal install macOS dan jadilah seperti macbook.

Bisakah install macOS di PC Windows?

Tidak ada system buatan manusia yang sempurna. Pasti ada celah yang bisa dimanfaatkan. Beberapa komunitas developer berhasil menemukan cara install macOS di laptop atau PC biasa. Salah satu komunitas yang paling terkenal adalah Hackintosh Zone. Mereka memberi nama Hazckintosh untuk setiap macOS kustom yang mereka rilis. Hackintosh ini bisa kamu install di PC biasa namun tetap membutuhkan pengetahuan yang mendalam tentang komputer dan Hackintosh.

Bisakah Orang Awam Install macOS di PC?

Jika kamu orang awam yang tidak mengetahui apapun tentang komputer sebaiknya jangan coba coba. Karena nanti malah salah dan kamu kehilangan semua data kamu. Laptop rusak sih gak, tapi kamu mungkin akan mengeluarkan biaya lagi unutk instal ulang Windows jika kamu tidak bisa install sendiri.
Apple MacOS Catalina

Tapi jika kamu sudah sering install OS lain seperti Windows, Ubuntu, dan OS lainnya kamu bisa melanjutkan install Hackintos. Hackintosh cukup mudah untuk di install. Kamu hanya perlu menambah pengetahuan tentang perbedaan Legacy Bios dan UEFI supaya kamu tidak salah install. Hackintosh Catalina hanya bisa berjalan pada laptop atau PC yang menggunakan UEFI.

Penting juga untuk mengetahui tentang Clover Bootloader dan juga Kext, karena dua hal ini akan menjadi dasar supaya Hackintosh bisa berjalan mulus di PC atau Laptop kamu. Oh iya, kamu juga perlu mengerti tentang hardware PC atau Laptop kamu ya, karena kamu perlu mencari kext untuk setiap hardware nantinya.

Lalu bagaimana cara install macOS di PC?

MacOS yang saya gunakan adalah Hackintosh Zone karena lebih mudah dalam proses install. Ada beberapa langkah yang perlu kamu lakukan dalam proses penginstalan Hackintosh Zone mulai dari membuat USB bootable sampai install kext.

Berikut adalah langkah - langkah install Hackintosh, klik link dibawah:

Langkah langkah diatas saya bagi dalam artikel yang berbeda supaya artikel ini tidak terlalu panjang dan membuat kamu bosan. Jadi tetap ikuti terus artikel dari TeknoWin10. Terimakasih sudah berkunjung dan sampai jumpa.

Posting Komentar untuk "Bisakah install Apple MacOS di PC Windows? Bagaimana Caranya?"